BONNELS
Kenali Essential Oil Lebih Jauh, Yuk!

Kenali Essential Oil Lebih Jauh, Yuk!

Belakangan ini, Essential Oil menjadi sebuah tren terbaru di kalangan kesehatan, terutama di kalangan ibu dan anak. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan Essential Oil ini sendiri? Mengapa ada beragam jenis Essential Oil dengan variasi harga berbeda-beda, dan apa manfaat sebenarnya untuk tubuh? Yuk kita kenali bersama, Moms!

 

Bonnels Essential Oil

Apa itu Essential Oil?

Essential Oil, atau disebut juga Minyak Atsiri bukan hanya sekadar aroma wangi dalam sebuah botol atau produk rumah tangga. Essential Oil merupakan minyak konsentrasi alami terbaik, yang merupakan hasil dari proses destilasi berupa minyak aromatik yang berasal dari bagian tanaman (akar, daun, batang, bunga atau buah) yang beraroma.

Essential Oil sendiri telah banyak digunakan untuk terapi kesehatan dan pengobatan alami,dan dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, meskipun sering digunakan untuk aromaterapi, namun tidak semua Essential Oil ini berbau harum dan cocok digunakan sebagai aromaterapi.

 

Perkebunan asal bunga pembentuk Essential Oil

Bagaimana Cara Mendapatkan Essential Oil?

Untuk mendapatkan Essential Oil murni, perlu dilakukan proses destilasi melalui penyulingan uap air. Selain itu, ada juga yang diproses melalui ekstraksi C02 dan juga pengepresan dingin (tanpa melibatkan pemanasan). 

 

Ragam jenis dan manfaat minyak atsiri

Mengapa Ada Banyak Sekali Essential Oil di Pasaran dengan Variasi Harga yang Cukup Beragam?

Essential Oil dalam kehidupan sehari-hari bisa ditemukan dalam berbagai bentuk. Mulai dari bentuk murninya (yang biasa digunakan untuk terapi kesehatan), ataupun sudah dalam campuran di berbagai produk rumah tangga seperti sabun, sampo, losion tubuh dll. Jadi, walaupun mungkin terdengar asing, sebenarnya Essential Oil sudah melekat di kehidupan sehari-hari, Moms!

Namun, Essential Oil tersebut tentu berbeda tingkatannya, yang juga menentukan harga jualnya. Saat ini, dikenal 4 tingkatan Essential Oil di pasaran, yaitu:

1. Therapeutic Grade Essential Oil (Grade A)

Therapeutic Grade merupakan grade dengan kemurnian tertinggi. Contohnya, untuk mendapatkan beberapa ml Lavender Oil Grade A dibutuhkan bunga lavender seberat belasan hingga puluhan kilogram. Salah satu dari Essential Oil yang memiliki Grade A/Therapeutic Grade ini adalah Bonnels Essential Oil

2. Food Grade Essential Oil (Grade B)

Essential Oil grade B ini biasanya sudah dicampurkan atau diencerkan dengan bahan-bahan tertentu. Biasanya, essential oil grade B ini sepenuhnya berasal dari tanaman, namun tidak seluruhnya mengandung komponen therapeutic dan ditujukan untuk menambah rasa dan aroma dalam industri makanan.

3. Perfume Grade Essential Oil (Grade C)

Mirip dengan Essential Oil grade B, Essential Oil grade C sudah dicampurkan atau diencerkan dengan bahan-bahan lain dan kemurniannya bisa hanya sekitar 50% saja. 

4. Floral Water (Grade D)

Floral Water biasa dibuat dari hasil destilasi lebih lanjut dari Essential Oil grade A. Biasanya, Floral Water ditemukan dalam produk beraroma seperti sampo, losion tubuh, sabun dll. Floral water lebih berfungsi memberikan wangi pada produk sehari-hari, bukan untuk diambil manfaatnya bagi tubuh.


Jadi, jangan salah pilih Essential Oil ya, Moms! Waspadalah dengan harga Essential Oil yang terlalu murah, karena bisa jadi gradenya bukan grade A dan tidak cocok digunakan sebagai terapi kesehatan. Pilihlah Essential Oil grade A atau Therapeutic Grade seperti Bonnels untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.



Leave a comment