BONNELS

Ini Dia Perbedaan Essential Oil Asli dan Sintetis!

Moms, di tengah serbuan berbagai jenis, merk dan harga Essential Oil di pasaran, pastinya membuat bingung ya. Mana sih Essential Oil yang asli dan terbaik?

Hati-hati terjebak dengan Essential Oil yang sintetis ya, Moms! Essential Oil sintetis tentunya tidak memiliki efek dan manfaat kesehatan seperti yang dimiliki oleh Essential Oil asli, apalagi yang grade A atau Therapeutic Grade. Lalu, bagaimana cara mudah membedakan Essential Oil asli dan sintetis? Ini dia caranya, Moms!

 

1. Harga

Proses pembuatan Essential Oil tidaklah mudah dan membutuhkan tanaman dengan jumlah sangat banyak. Misalnya, untuk mendapat 10 ml Lavender Oil maka dibutuhkan belasan sampai puluhan kilogram bunga lavender. Hal ini menyebabkan harga jual Essential Oil asli biasanya mencapai ratusan ribu rupiah per botol kecil. Apabila harganya cenderung murah dengan ukuran botol besar, maka kemungkinan ini adalah Essential Oil sintetis.

 

2. Kemasan.

Essential Oil asli harus dikemas dalam botol gelap dan rapat karena rentan terhadap cahaya dan penguapan. Jika dikemas dalam botol bening atau transparan, maka kemungkinan ini adalah Essential Oil sintetis.

 

3. Penguapan.

Essential Oil asli jika diteteskan pada kertas atau tissue, atau dibiarkan dalam botol terbuka maka lama kelamaan akan menguap habis tanpa bekas. Namun, jika sudah dibiarkan lama tapi masih ada jejak-jejak minyak tersisa, maka kemungkinan ini adalah Essential Oil sintetis.

 

4. Label kemasan.

Essential Oil asli biasanya mencantumkan nama latin dari tumbuhan asalnya, seperti dalam Lavender Oil tertera tulisan Lavandula angustifolia. Maka, penting bagi Moms untuk mengetahui nama latin Essential Oil yang diinginkan, ya!

 

5. Aroma.

Aroma dari Essential Oil asli bisa bertahan lama dan cukup dengan 1-2 tetes, aroma akan menyebar namun tidak menyengat (aroma cenderung lembut). Jika aromanya menyengat dan tajam maka kemungkinan ini adalah Essential Oil sintetis.

 

6. Jenis.

Tidak semua jenis tanaman bisa menghasilkan Essential Oil, jadi Moms dapat cek lebih lanjut terhadap nama dan jenis tanaman dalam Essential Oil yang beredar.


Moms, ini dia 6 perbedaan dari Essential Oil asli dan sintetis. Yuk lebih teliti dalam membeli! Namun jika Moms membeli Bonnels Essential Oil pastinya tidak perlu khawatir, karena Bonnels sudah tersertifikasi BPOM, Halal, sudah lulus Uji Mikrobiologi serta lolos uji dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Yuk belanja sekarang!

Leave a comment