BONNELS
5 Cara Mudah Atasi Perut Kembung Pada Bayi

5 Cara Mudah Atasi Perut Kembung Pada Bayi

Salah satu kondisi yang cukup sering dialami oleh bayi dan anak-anak adalah perut kembung, dan hal ini bisa menyebabkan mereka rewel dan tidak nyaman karena gas dalam perutnya. Apakah Si Kecil sering mengalaminya, Moms?

Perut kembung merupakan kondisi adanya gas atau udara berlebih dalam saluran pencernaan. Karena saluran pencernaan bayi belum optimal, maka ia butuh bantuan untuk mengeluarkan gas tersebut, maka sesekali ia akan rewel dan tiba-tiba menangis saat kesulitan mengeluarkan gas dalam perutnya dan ketika perutnya tidak nyaman.

Tapi jangan khawatir Moms, karena kondisi ini termasuk kondisi yang wajar dan cukup sering dialami anak. Bahkan, bayi biasanya mengalami buang angin sebanyak 13-21 kali dalam sehari. Selain karena saluran pencernaan belum sempurna, kondisi ini bisa terjadi karena udara yang ditelan bayi ketika mengisap dot, menangis dan menyusu, serta ketika Si Kecil mulai mengonsumsi MPASI.

Ciri-ciri anak yang mengalami perut kembung adalah:

  • Lebih sering bersendawa
  • Sering kentut dan kadang menangis
  • Mulai rewel dan menangis tanpa sebab
  • Perut terlihat membesar dan keras
  • Sering melengkungkan punggung

Bagaimana cara mengatasi perut kembung pada anak?

Berikut cara sederhananya, Moms:

Cara Mudah Atasi Perut Kembung pada Bayi

1. Perbaiki posisi menyusui

Saat menyusui langsung atau melalui botol, usahakan posisi kepala bayi lebih tinggi dari perutnya, supaya air susu lebih mudah dicerna dan gas di perut akan naik ke atas sehingga mudah dikeluarkan dengan cara sendawa. Moms bisa gunakan bantal menyusui untuk membantu mendapat posisi yang tepat, dan jangan lupa sendawakan bayi setiap selesai menyusu

 

2. Tenangkan bayi

Moms bisa tenangkan bayi dengan cara usap-usap punggungnya. Caranya, letakkan bayi di atas kedua paha dengan posisi telungkup, lalu usap punggungnya secara perlahan hingga ia tenang. Untuk membantu mengeluarkan gas dalam perut bayi, Moms bisa baringkan bayi di atas kasur. Angkat kedua kakinya lalu gerakkan secara bergantian seperti sedang mengayuh sepeda.

 

3. Perhatikan asupan makanan

Jika anak sudah mendapatkan MPASI, maka asupan makanan juga perlu diperhatikan, karena ada beberapa makanan yang bisa membuat perut anak kembung jika dikonsumsi berlebihan. Contoh makanan yang bisa membuat kembung adalah brokoli, kol, gandum dll

 

4. Mandikan atau kompres air hangat

Air hangat bisa membantu meringankan perasaan tidak nyaman akibat perut kembung. Moms bisa mandikan atau kompres area perut dan punggungnya dengan air hangat.

 

5. Gunakan Essential Oil

Penggunaan Essential Oil bisa menjadi salah satu alternatif meringankan perut kembung pada bayi dan anak-anak. Moms bisa gunakan Essential Oil untuk memijat perutnya atau diuapkan dengan diffuser sebagai aromaterapi.

Ada beberapa jenis Essential Oil yang diketahui memiliki manfaat baik untuk kesehatan saluran pencernaan, seperti:

  1. Peppermint Oil: bersifat antispasmodik, dapat melemaskan otot halus di usus dan membantu meminimalkan gangguan pencernaan seperti perut kembung atau sembelit
  2. Fennel Oil: bersifat antiseptik, dapat membantu mengurangi perut kembung dan memiliki efek detoksifikasi yang bagus
  3. Ginger Oil: dapat mengoptimalkan fungsi pencernaan, mengurangi rasa mual dan meningkatkan motilitas lambung

Salah satu Blend Oil yang mengandung ketiga jenis Essential Oil di atas adalah Bonnels Stomy Oil. Selain membantu mengurangi perut kembung, Bonnels Stomy Oil juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan lain seperti diare dan sembelit, dapat meningkatkan nafsu makan dan dapat menyehatkan saluran pencernaan secara umum.

 

Moms bisa gunakan Bonnels Stomy Oil dengan cara berikut:

Usia 0-6 bulan:

  • Diffuse: Teteskan 1-2 drops Bonnels Relieve Oil ke dalam 100ml air. Beri jarak 1 meter antara bayi dan diffuser.
  • Massage: Campurkan 1-2 drops Bonnels Relieve Oil ke dalam 1 sdm Carrier Oil dan pijatkan ke area perut Si Kecil.

Usia 6 bulan ke atas:

  • Diffuse: Teteskan 3-5 drops Bonnels Relieve Oil ke dalam 100ml air.
  • Massage: Campurkan 3-5 drops Bonnels Relieve Oil ke dalam 1 sdm Carrier Oil dan pijatkan ke area perut Si Kecil.

Namun jika kondisi perut kembung pada anak terus berlanjut dan diikuti gejala lain seperti muntah, demam atau BAB berdarah, maka segera konsultasikan ke dokter ya, Moms!

Leave a comment