BONNELS
5 Cara Alami Turunkan Demam pada Anak

5 Cara Alami Turunkan Demam pada Anak

Walau cukup sering dialami anak-anak, tentunya demam selalu membuat orang tua khawatir tiap kali menyerang. Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh lebih dari 38 derajat Celsius. Ketika tubuh terserang virus, bagian otak (hipotalamus) sebagai pengontrol suhu tubuh manusia akan meningkatkan suhu tubuh untuk melawan infeksi tersebut. Hal inilah yang membuat anak mengalami demam.

 

Cara Alami Turunkan Demam Anak

Berikut 5 cara yang bisa Moms lakukan di rumah untuk membantu menurunkan demam anak:

 

1. Pantau suhu tubuh Si Kecil

Biasanya, demam yang diderita Si Kecil tidak tergolong berbahaya, tetapi penyakit yang menyebabkan demam lah yang perlu disembuhkan. Moms bisa cek berkala suhu tubuh Si Kecil dengan mengukurnya setiap beberapa jam sekali. Selain itu, Moms juga bisa mengompresnya untuk menjaga suhu tubuh anak agar tidak terlalu tinggi. Caranya dengan menyediakan air kompres hangat, masukkan 3 tetes Bonnels Relieve Oil di dalamnya dan gunakan airnya untuk mengompres area kening dan lipatan tubuh seperti leher, ketiak, selangkangan dll. Kandungan Eucalyptus dan Peppermint di dalamnya terbukti secara riset dapat menurunkan demam dan aroma yang dihirup bisa ikut membantu Si Kecil melawan virus.

 

2. Perbanyak konsumsi air putih

Moms bisa perbanyak pemberian air putih saat Si Kecil demam untuk mencegah risiko dehirasi pada anak. Tanda yang bisa Moms lihat saat Si Kecil dehidrasi adalah melalui frekuensi Buang Air Kecil (BAK)-nya, apakah selama 8-12 jam Si Kecil buang air kecil atau tidak. Ingat, air putih boleh diberikan jika Si Kecil sudah berusia 6 bulan ke atas, ya!

 

3. Berikan asupan nutrisi seimbang

Bantu tubuh Si Kecil melawan infeksi penyebab demam di dalam tubuhnya dengan cara memberikan asupan nutrisi yang tercukupi, terutama selama ia mengalami demam. Moms bisa berikan menu makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan juga serat. Selain itu, Moms bisa berikan ia makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi untuk menguatkan imunnya. Moms bisa memberikan salad buah dengan stroberi dan kiwi atau buah jeruk.

Jika demam membuat Si Kecil malas makan, Moms bisa berikan makanan yang lembut seperti sup ayam atau bubur ayam.

 

4. Atur suhu ruangan dan jaga kebersihan

Moms bisa atur suhu AC di kamar tidak terlalu dingin tapi juga tidak panas, misal di suhu 25-26 derajat Celsius. Perhatikan pula ventilasi udara di rumah, agar ada pertukaran udara dan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Untuk membersihkan udara, Moms bisa uapkan Bonnels Relieve Oil dengan diffuser di beberapa area di rumah. Uap yang keluar dari kandungan eucalyptus-nya sudah terbukti membantu membunuh virus dan bakteri udara di dalam ruangan. Uap bersih yang terhirup Si Kecil akan masuk ke dalam paru-paru dan darah, dan membantu tubuh dalam melawan virus dan bakteri.

 

5. Biarkan anak cukup istirahat

Salah satu cara penting dalam menurunkan demam anak adalah dengan memberikannya ia waktu istirahat yang cukup. Hal ini akan membantu kinerja tubuhnya dalam melawan virus dan infeksi.

Namun, ada beberapa kondisi tertentu jika demam tidak turun dan muncul beberapa tanda bahaya. Berikut ini sejumlah tanda bahaya yang harus Moms perhatikan. Dalam kondisi ini, segera bawa anak ke dokter terdekat.

  • Bila usia anak Moms di bawah tiga bulan, dan mengalami demam
  • Bila usia anak antara 3-5 bulan dengan suhu 38,3 derajat Celsius
  • Bila usia anak di atas 6 bulan dengan suhu 38,8 derajat Celsius
  • Bila suhu mencapai di atas 40 derajat Celsius
  • Bila demam lebih dari tiga hari
  • Bila demam disertai gejala lain seperti kaku leher, nyeri tenggorokan, sesak, nyeri telinga, ruam kulit, kejang, atau nyeri kepala


Leave a comment