Tips Mudik Aman untuk Ibu Hamil

May 27, 2019 - Category: Bonnels Pregnancy Tips

Moms, sebentar lagi musim mudik akan segera tiba nih. Wilayah Indonesia yang luas, dari Sabang sampai Merauke, membuat tiap orang memiliki pengalaman mudik yang berbeda-beda dengan transportasi andalannya masing-masing. Mulai dari kapal, kereta, pesawat, hingga mobil.

Nah bagi Moms yang sedang mengandung buah hati tercinta, berikut telah kami kumpulkan tips mudik aman untuk ibu hamil yang bisa Moms terapkan selama perjalanan mudik nanti seperti yang telah kami lansir dari Hello Sehat.

 

Mudik dengan Pesawat

 

 

Meski tidak berbahaya bagi kesehatan Moms dan janin dalam kandungan, namun ada baiknya untuk mendiskusikan masalah kesehatan kandungan dengan bidan atau dokter kandungan sebelum Moms memutuskan untuk mudik.

Bagi Moms yang sedang mengandung bayi kembar, kemungkinan mengalami persalinan secara alami lebih tinggi setelah 37 minggu atau sekitar 32 minggu. Perlu diingat pula, bahwa beberapa maskapai mungkin tidak akan mengizinkan Moms berpergian menjelang akhir kehamilan.

Setelah memasuki minggu ke 28 kehamilan, biasanya maskapai penerbangan  akan meminta surat dari dokter kandungan untuk mengonfirmasi tanggal kelahiran Moms dan bahwa Moms tidak berisiko mengalami komplikasi.

Perjalanan jarak jauh atau lebih dari lima jam memiliki risiko kecil penggumpalan darah (deep vein thrombosis atau DVT). Untuk mencegahnya, sebaiknya Moms mengonsumsi lebih banyak air putih dan bergerak secara teratur, setiap 30 menit atau lebih. Moms dapat membeli sepasang stocking khusus untuk mencegah DVT.

 

Mudik dengan Kereta

 

 

Jika Moms memutuskan untuk mudik dengan kereta api, usahakan untuk memesan tempat duduk yang dekat dengan toilet. Terutama bila Moms sering mengalami mual dan muntah selama kehamilan. Terlebih tekanan kandungan kemih yang makin meningkat di akhir kehamilan, biasanya akan membuat ibu hamil menjadi lebih sering buang air kecil.

Jika perjalanan dengan menggunakan jasa kereta api dirasa cukup lama, Moms bisa menyiapkan bekal berupa makanan sehat untuk di jalan atau untuk sahur dan buka puasa.

Moms juga bisa melakukan berbagai peregangan ringan selama perjalanan. Misalnya dengan memutar-mutar bahu atau badan dan melakukan peregangan kaki.

 

Mudik dengan Kapal

 

 

Beberapa kapal mungkin menolak untuk membawa wanita yang sedang hamil, terutama pada trimester ketiga. Pastikan kebijakan kapal feri yang akan Moms tumpangi sebelum Moms memesannya.

Untuk perjalanan kapal yang lebih panjang, seperti kapal pesiar, cari tahu apakah ada fasilitas onboard untuk menangani kehamilan dan layanan medis selama pelayaran. Kalau terjadi keadaan darurat, kapal mungkin harus segera berlabuh ke pulau atau pelabuhan terdekat. Maka, sebaiknya pastikan dulu seperti apa rute pelayaran Moms ke kampung halaman dan seberapa aman bagi janin di dalam kandungan.

 

Mudik dengan Mobil

 

 

Kelelahan dan pusing sering terjadi selama kehamilan jadi penting jika Anda mudik dengan mobil untuk minum secara teratur, makan makanan alami yang memberi energi (seperti buah dan kacang) dan berhenti secara teratur untuk istirahat. Jaga agar udara tetap bersirkulasi di dalam mobil.

Kecelakaan di jalan adalah salah satu penyebab paling umum cedera pada wanita hamil. Hindari menyetir sendiri selama perjalanan mudik.

Itu dia Moms tips mudik aman untuk ibu hamil yang bisa Moms terapkan, berdasarkan jenis transportasi pilihannya masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

 

 

Bagikan Artikel