Tips Menyembuhkan Pilek Anak Tanpa Obat

December 21, 2018 - Category: Bonnels Parenting Tips

Cara menyembuhkan Flu atau pilek anak tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya, karena sebagai orang tua tentu akan kuatir jika si buah hati mengalami sakit akibat gejala pilek. Ternyata ada 200 virus yang bisa menyebabkan pilek pada anak.

Anak – anak dengan daya tahan tubuh yang lemah biasanya mudah terserang penyakit flu atau batuk. Karna daya tahan tubuh anak – anak yang masih rentan dengan banyak penyakit. Pada anak, penyakit pilek dapat berlangsung selam 3 sampai 15 hari. Lama waktu tersebut ditentukan oleh daya tahan tubuh dari si anak dan juga penanganan bagaimana cara menggatasi pilek yang dilakukan orang tua.

Karena gejalanya yang mirip banyak orang yang beranggapan pilek dan flu sebagai satu penyakit yang sama, sehingga mereka memberikan obat yang sama pada kedua penyakit tersebut. Padahal sebenarnya pilek dan flu merupakan penyakit yang berbeda, karena flu disebabkan oleh infeksi virus Influenza dan flu memiliki gejala yang lebih berat daripada pilek biasa. Dengan begitu, pilek pada anak bisa jadi bukan sekadar common cold atau alergi biasa, tetapi bisa juga karena flu.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Pilek Anak? Cara menyembuhkan pilek yang terbaik adalah dengan menjaga agar kondisi daya tahan tubuh si kecil selalu berada dalam puncaknya dengan memberikan nutrisi cukup dan berimbang serta istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatannya. Jika pilek terlanjur menyerang, sebagai orang tua kita tidak perlu khawatir dengan perawatan yang tepat di rumah, biasanya pilek dapat sembuh dalam waktu 4-10 hari tanpa harus minum obat-obatan.

Berikut beberapa cara menyembuhkan pilek pada anak tanpa obat yang dapat dilakukan orang tua di rumah:

  • Pastikan orang tua yang merawat anak dalam keadaan sehat, gunakan masker ketika anda terkena flu agar penyakit tersebut tidak menular ke anak.
  • Berikan teh hangat pada anak, karena dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan mengencerkan dahak.
  • Oleskan petroleum jelly di bagian luar lubang hidung untuk mencegah iritasi. Bersihkan cairan hidung atau lendir yang mengeras pada hidung dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat.
  • Usahakan anak agar tetap istirahat walaupun bukan waktunya untuk istirahat, berikan anak waktu tidur yang lebih banyak, karena dengan tidur maka daya tahan tubuh anak dapat menjadi lebih baik dan energinya benar-benar digunakan untuk mengusir penyakit.
  • Bersihkan lingkungan sekitar dan pastikan tidak ada benda yang dapat menjadi kontaminasi flu pada anak termasuk boneka dan mainan lainnya.
  • Usahakan kepala anak pada posisi miring di saat tidur ke salah satu sisi, karena dengan posisi ini maka anak akan lebih mudah bernafas ketika ada lendir atau sumbatan hidung yang mengganggu jalan pernafasannya.
  • Tempatkan anak di ruangan tanpa AC untuk mengurangi gejala hidung tersumbat akibat suhu yang dingin. Bila anak merasa lebih nyaman dalam ruangan AC, gunakan mesin pelembap udara.
  • Encerkan lendir pilek yang sangat mengganggu dengan air garam yang diteteskan ke ujung lubang hidung bayi, lalu gunakan alat penyedot ingus anak untuk membersihkan hidung.
  • Menggunakan Essential Oil Immune Booster dari Bonnels

Dengan Menggunakan Essential Oil Immune Booster dari Bonnels dapat menyembuhkan Flu dan Batuk, dengan mengunakan bahan – bahan yang alami dapat melancarkan pernafasan. Jadi pasti aman dan bisa memberikan hasil yang maksimal untuk penyembuhan Flu anda.

Jika anda mengalami penurunan daya tahan tubuh seperti flu anda dapat mengunakan dengan cara mengisi air dengan wadah yang ada di diffuser lalu diteteskan 3 – 5 tetes Essential Oil Immune Booster dari Bonnels, tanpa mengunakan obat , Alami dan tanpa Efek samping. Dan dapat digunakan kepada anak- anak karena aman bagi anak- anak.

Pilek akan berkurang seiring dengan membaiknya daya tahan tubuh anak dalam waktu 3-5 hari, jika pilek masih berlanjut anda bisa menghubungi dokter. Pilek yang tidak mengganggu pola makan atau aktivitas anak tidak memerlukan penanganan khusus. Hindari penggunaan obat-obat kimia pada anak usia kurang dari 6 tahun dan sebaiknya obat-obatan yang diberikan harus selalu melalui pengawasan dokter. Jika anak demam maka konsultasikan dengan dokter mengenai kemungkinan memberikan parasetamol atau ibu profen.

 

Bagikan Artikel