Manfaat Essential Oil Untuk Bayi dan Balita

January 30, 2019 - Category: Bonnels Parenting Tips

Essential oil merupakan minyak alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, bunga, ataupun buah. Minyak ini memiliki banyak kegunaan, mulai dari mengobati luka bakar, iritasi kulit, untuk kecantikan hingga mengurangi stres dan menenangkan pikiran. Sementara itu, manfaat essential oil untuk balita di atas 3 bulan biasanya digunakan untuk mendorong tidur lebih nyenyak, meredakan rewel atau tangisan berjam-jam, dan sebagai pencegahan terhadap gigitan nyamuk atau serangga.

Namun tahukah Moms? Sebenarnya essential oil ini memiliki konsentrasi minyak yang sangat kuat. Untuk itu, penggunaan pada bayi atau balita harus digunakan dengan cara yang tepat.

 

Cara Umum Menggunakan Essential Oil

Pada umumnya, Essential Oil atau Minyak Atsiri digunakan dengan cara dioleskan ke bagian tubuh tertentu. Beberapa varian juga digunakan sebagai minyak untuk pijat dan urut. Namun metode penggunaan tersebut sangat tidak dianjurkan untuk bayi dan balita. Kandungan konsentrasi minyak yang kuat dikhawatirkan tidak sesuai dengan kulit bayi yang masih sensitif.

 

Penggunaan Essential Oil untuk Bayi dan Balita

Agar bayi dan balita juga dapat mendapatkan manfaat dari essential oil, maka bisa digunakan dengan cara menguapkan minyak esensial tersebut menggunakan diffuser. Diffuser berfungsi seperti pelembab udara atau humidifier yang merubah air menjadi uap air. Nah pada cairan yang diuapkan itulah diberikan beberapa tetes minyak esensial atau biasa disebut essential oil.

Setiap essensial oil memiliki manfaat dan kegunaan yang berbeda tergantung dari tumbuhan yang diambil sarinya. Seperti Lavender misalnya, ketika diuapkan dengan diffuser, bisa berfungsi sebagai pengusir nyamuk dan untuk relaksasi agar lebih cepat tidur. Lain halnya dengan essential oil dari Alpukat, Essential Oil Avocado dapat dimanfaatkan sebagai pelembab kulit

 

Keampuhan Essential Oil Berbeda-beda

Essential oil mungkin memiliki beberapa fungsi yang beragam untuk kesehatan. Namun di luar manfaatnya sebagai aromaterapi, minyak ini juga banyak digunakan untuk pelembab udara dan penolak serangga. Essential oil banyak dijadikan alternatif yang aman dan ramah lingkungan sebagai penolak nyamuk untuk bayi, namun tingkat keefektifannya berbeda-beda. Beberapa essential seperti minyak serai dipercaya secara efektif bisa mengusir nyamuk, sedangkan Essential Oil Lavender lebih cocok untuk tidur yang lebih nyenyak.

Bahkan Moms juga bisa menambah waktu perlindungan terhadap gigitan nyamuk dengan menggunakan minyak serai bersama vanilin. Namun jika Moms mendapati kulit bayi cenderung sensitif atau iritasi terhadap minyak serai, maka gunakan minyak lavender sebagai gantinya. Ekstrak lavender juga dipercaya lebih aman dan bisa menghindarkan kulit bayi dari gigitan serangga atau mengurangi rasa gatal yang diakibatkan oleh nyamuk.

 

Bagikan Artikel