Hari Bumi Sedunia: Mari Ajarkan Anak Menanam Pohon Sejak Dini

April 22, 2019 - Category: Healthy Life, Natural Living, Special Day

Mengajarkan kebiasaan positif pada anak bisa mulai Moms terapkan seja dini. Sebab kepribadian dan kebiasaan Si Kecil masih mudah untuk dibentuk dan diarahkan, terlebih jika Moms bisa mencontohkan secara langsung apa yang Moms ajarkan pada buah hati.

Salah satu hal baik yang bisa mulai Moms tanamkan pada Si Kecil adalah membiasakan Si Kecil untuk mencintai bumi. Dengan menanamkan kebiasaan ini, Moms bisa mengajaknya untuk turut berpartisipasi dalam menjaga ekosistem bumi yang kian hari kian memprihatinkan.

Tak perlu dengan cara yang sulit, Moms. 5 tindakan sederhana yang diterapkan berikut ini akan membantunya untuk lebih mencintai bumi.

Mengenalkan Kondisi Bumi

 

 

Moms bisa mulai mengenalkan kondisi bumi lewat dongeng, cerita, atau mengajaknya menonton film tentang bumi. Ceritakan bagaimana plastik tidak bisa hancur dalam jangka waktu singkat, limbah masyarakat yang dibuang ke sungai juga bisa membahayakan ekosistem di dalamnya, serta bagaimana pemanasan global yang sedang mengancam bumi karena polusi udara dan karbon dioksida akibat asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan asap kebakaran hutan.

 

Membuang Sampah Pada Tempatnya

 

 

Kebiasaan membuang sampah sembarangan biasanya sudah tertanam sejak kecil pada diri seseorang sehingga sudah menjadi habit yang mendarah daging. Tentu Moms sering menyaksikan sendiri bagaimana para ibu-ibu, atau orangtua yang dengan entengnya membuang sampah dari jendela mobil, atau para pedagang yang membuang sampah begitu saja ke pinggir laut.

Nah, Moms nggak mau kan kalau anak-anak kita di masa depan nanti memiliki habit buruk yang sama? Jangan khawatir Moms, cukup biasakan Si Kecil untuk selalu membuang sampah pada tempatnya sejak dini. Hal ini memang tidak mudah, tapi bisa diterapkan dengan mulai memberikan contoh dari prilaku kita sendiri sebagai orangtua. Jangan lupa pula untuk memberikan penjelasan dari bahaya sampah, dan dampak buruknya yang akan manusia rasakan jika terus-terusan membuang sampah sembarangan.

 

Ajak Si Kecil Menanam Pohon

 

hari bumi sedunia

 

Menumbuhkan rasa cinta terhadap bumi bisa kita mulai dari hal terkecil. Selain membuang sampah pada tempatnya, Moms juga bisa mengajak Si Kecil untuk ikut berkontribusi dalam kegiatan menanam bibit pohon yang belakangan semakin marak dilakukan oleh banyak orang.

Berikan penjelasan pada Si Kecil, bahwa dengan menanam pohon maka udara yang akan kita hirup akan tetap terjaga kebersihannya, ketersediaan air melimpah ruah, bencana besar seperti banjir dan longsor juga dapat terhindarkan.

 

Kurangi Konsumsi Listrik

 

hari bumi sedunia

 

Setiap selesai memakai peralatan listrik di rumah, biasakan Si Kecil untuk selalu mematikannya bila tidak dipakai lagi. Misalnya saat Si Kecil sudah selesai menggunakan lampu belajarnya, atau lampu kamar mandi ingatkan dia untuk segera mematikannya. Penguapan pada listrik karena terlalu sering digunakan berpotensi menyumbang gas karbondioksida, maka dari itu, bisa menjadi salah satu penyebab pemanasan global. Selain itu, mematikan listrik bila tidak terpakai juga bisa menghemat biaya pemakaian listrik di rumah.

 

Hindari Penggunaan Sedotan Plastik

 

hari bumi sedunia

 

Moms, ganti sedotan plastik di rumah dengan sedotan stainless yang bisa dicuci dan dipakai lagi. Bawakan mereka pouch yang berisi sedotan untuk dipakai tiap kali membeli minuman. Dengan mencontohkan tidak memakai sedotan plastik, Anda telah mengajarkan si kecil untuk mencintai bumi karena mengurangi penggunaan sampah plastik yang beredar.

Di hari bumi sedunia hari ini, itulah tadi 5 hal sederhana yang bisa mulai kita tanamkan pada anak, untuk menyelamatkan generasi yang akan datang. Selain kelima hal di atas, Moms juga bisa mulai menerapkan pola hidup sehat dan menjaga sirkulasi udara di rumah tetap lancar dan bersih dari kuman dan bakteri.

Mulailah menggunakan produk-produk alami dan tidak mengandung bahan kimia seperti Essential Oils dari Bonnels. Karena masa depan bumi, dan masa depan Si Kecil ada di tangan kita.

 

 

Bagikan Artikel

 

Gratis Ebook
Masukan Email Anda untuk mendapat " 101 Manfaat Essentia Oil dan Kegunaannya " yang dibutuhkan di setiap rumah.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )