Hari Bawa Bekal Nasional: Intip 5 Tips Penting untuk Bekal Si Kecil

April 12, 2019 - Category: Bonnels Parenting Tips, Happy Eat, Special Day

Setiap ibu pasti menginginkan nutrisi dan makanan terbaik untuk buah hatinya. Oleh karena itu biasanya para orangtua memilih untuk menyiapkan bekal sekolah dari rumah, ketimbang memberi uang jajan lebih untuk Si Kecil. Selain mutu dan kualitas yang lebih terjamin, Moms juga tidak perlu khawatir dengan kehieginisannya karena dibuat langsung oleh Moms sendiri.

Nah, dalam rangka merayakan hari bawa bekal nasional, kami sudah menyiapkan 5 tips penting dalam menyiapkan bekal Si Kecil.

 

Tanyakan Makanan Kesukaan Si Kecil

 

hari bawa bekal nasional

 

Untuk memastikan bahwa Si Kecil akan memakan bekal yang Moms buat, Moms perlu menanyakan terlebih dahulu makanan apa saja yang Si Kecil inginkan. Jangan memaksa membawakannya bekal makanan yang tidak dia sukai karena sangat disangsikan bahwa Si Kecil akan menghabiskannya. Selain itu, pastikan pula gizi dan nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil sudah terpenuhi dalam bekal tersebut.

 

2. Berikan Pilihan Menu yang Bervariasi

 

hari bawa bekal nasional

 

Beri beberapa alternatif bekal untuk Si Kecil sehingga ia tidak bosan dengan menu bekal yang itu-itu saja. Moms bisa memasukkan kudapan favorit Si Kecil seperti cokelat atau keripik kentang agar Si Kecil menjadi lebih semangat dalam menyantap bekalnya. Tapi ingat, batasi jumlah makanan tadi karena dapat membuat Si Kecil menjadi lebih cepat kenyang.

 

3. Cari Referensi 

 

 

 

 

Dengan sering mencari referensi bekal Si Kecil di buku atau internet, Moms jadi punya segudang pilihan makanan yang akan diberikan. Kabar baiknya, beberapa sumber sering memasukkan info kandungan gizi dalam resepnya sehingga Moms bisa tahu nutrisi apa saja yang diperoleh Si Kecil di dalam bekal tersebut.

 

4. Hias Makanan agar Terlihat Menarik

 

hari bawa bekal nasional

 

Anak-anak biasanya tertarik dengan makanan yang colorful dan memiliki bentuk yang menarik. Karenanya, buatlah bekal makanan yang terinspirasi tokoh kartun atau permainan favorit anak untuk menambah nafsu makan pada anak. Jangan takut untuk bereksperimen dalam memberikan garnish karena akan membuat jam makan menjadi momen yang ditunggu-tunggu si kecil.

 

5. Pastikan Nilai Gizi Tercukupi

 

 

 

Bagi anak-anak dengan rentang usia 5-10 tahun, biasanya jumlah kalori yang dibutuhkan adalah 1.800 kkal per hari dengan rincian sebagai berikut: 24 gram protein, 220 gram karbohidrat, 85 gram gula, 70 gram lemak, 20 gram lemak jenuh, 15 gram serat, dan 4 gram garam.

Dari rincian tadi, Moms dapat menyiapkan bekal untuk Si Kecil dengan takaran nilai gizi seperti di bawah ini:
– Karbohidrat : Nasi atau kentang
– Kalsium : Yoghurt, keju, sayuran hijau, dan ikan
– Protein : Ayam, ikan, dan telur
– Sayur : Minimal 2 porsi sayur atau buah
– Minuman : Air mineral atau susu.

Nah, itu dia Moms 5 tips untuk bekal Si Kecil, jika Si Kecil susah makan Moms bisa memberinya Happy Eat, essential oils dari Bonnels yang 100% terbuat dari bahan-bahan alami.

 

Bagikan Artikel

Gratis Ebook
Masukan Email Anda untuk mendapat " 101 Manfaat Essentia Oil dan Kegunaannya " yang dibutuhkan di setiap rumah.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )