7 Tips Alami atasi Flu dan Batuk pada Bayi

Maret 06, 2020 - Kesehatan

image-blog

7 Tips Alami atasi Flu dan Batuk pada Bayi

Akhir-akhir ini, musim hujan turun terus-menerus tak menentu, sehingga membuat berbagai macam penyakit terus bermunculan, salah satunya flu dan batuk. Apalagi jika bayi pada beberapa bulan kehidupannya, terkena flu dan batuk, semakin membuat Moms, khususnya yang baru pertama kali memiliki anak merasa bingung bagaimana cara mengatasinya. Laman verywellhealth.com menjelaskan bahwa sistem kekebalan tubuh pada bayi belum memiliki waktu yang cukup dalam menanggapi setiap penyakit yang menimpanya, dan mungkin belum mampu melawan infeksi dengan baik. Maka dari itu, Moms butuh tahu nih, beberapa cara alami yang bisa diberikan kepada bayi dalam mengatasi flu dan batuk yang menimpanya.

 default_image_cucitangan.jpg_20200303164931_phpliO3gZ

1. Pastikan Tangan selalu Dicuci dengan Baik

Hal ini seringkali diabaikan untuk dilakukan, padahal bayi sangat rentan dengan kuman penyakit yang sebagian besar tertular dari tangan orang dewasa yang memegangnya. Pastikan sebelum memegang bayi cuci tangan yang bersih terlebih dahulu. Moms dapat meminimalisasikan jumlah virus dan bakteri yang tertular pada bayi dengan mencuci tangan. Jangan lupa ingatkan keluarga dan teman yang lainnya juga ya, Moms, untuk mencuci tangannya sebelum memegang si kecil!

 default_image_peopl.jpg_20200303164424_phphqIDNb

2. Hindari Ruang Publik yang Ramai

Tempat yang ramai memicu banyak virus dan bakteri berkumpul, apalagi jika tempatnya tertutup, salah satu contoh tempatnya seperti mal. Para dokter anak akan menyarankan Moms untuk menjauhi ruang publik yang ramai terlebih dahulu sampai bayi sembuh total. Gunanya untuk menghindari si kecil terkena kuman lainnya yang dapat lebih membahayakan dirinya. Hal ini juga dapat membantu sistem imun bayi berkembang lebih baik karena membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dari orang dewasa dalam melawan kuman.

 default_image_skintoskin.jpg_20200303164250_phpwqVQT8

3. Skin to Skin Contact

Skin-to-skin atau bersentuhan langsung dengan bayi disarankan beberapa dokter anak untuk dilakukan, apalagi ketika bayi sedang sakit. Bayi akan merasa nyaman dan terlindungi oleh Moms melalui sentuhan yang diberikan. Dengan si kecil yang merasa nyaman, hal tersebut dapat membantu si kecil untuk dapat melawan penyakitnya, lho, Moms! Saat melakukan skin-to-skin contact, Moms juga bisa mengoleskan Bonnels: Cough and Flu dicampur dengan minyak kelapa murni pada badan Moms supaya si kecil bisa menghirup aromanya serta merasakan kenyamanan di dalam dekapan ibunya. Bonnels: Cough and Flu aman digunakan untuk kulit bayi karena mengandung 100% essential oil murni, sehingga tidak ada efek samping yang ditimbulkan seperti jika Moms menggunakan obat.

 default_image_babydrink.jpg_20200303164118_phpesXOXj

4. Pastikan Bayi Memiliki Cairan yang Cukup

Memiliki cairan yang cukup dalam tubuh, dapat membantu menipiskan lendir dari hidung yang tersumbat. Hal ini juga mencegah bayi dehidrasi karena kekurangan cairan. Berikan juga si kecil ASI atau susu formula sesering mungkin. Moms juga bisa mengecek apakah si kecil cukup minum dari warna urinnya. Laman babycenter.com mengatakan jika bayi sudah MPASI, berikan ia sup ayam. Sup ayam dapat mengurangi gejala sakit, lelah, hidung tersumbat, dan demam.

 default_image_bulbsry.jpg_20200303164003_phpjctH85

5. Gunakan Bulb Syringe jika Hidung Bayi Tersumbat

Jika si kecil merasa semakin susah bernapas karena lendir dalam hidung terlalu banyak, gunakan bulb syringe untuk menyedot lendir dalam hidungnya. Lakukan hal ini beberapa kali, jika dirasa hidung bayi masih memiliki lendir yang tersumbat di dalam hidung. Jika bayi merasa tidak nyaman, hentikan sementara, ya, Moms, kegiatan untuk menyedot hidungnya yang tersumbat. Moms harus tetap membuat bayi merasa nyaman saat ia sedang sakit.

 default_image_tidur.jpg_20200303163921_phpQ4KgtH

6. Tidur yang Cukup

Tidur adalah kunci untuk memulihkan penyakit serta membantu kinerja sistem kekebalan tubuh dengan baik saat melawan penyakit, terutama pada bayi. Sebelum bayi tidur, pastikan untuk membersihkan hidungnya yang tersumbat terlebih dahulu supaya ia bisa tidur dengan nyaman. Moms juga bisa memberikan sedikit pijatan kepada bayi dengan menggunakan Bonnels: Cough and Flu yang dicampur dengan minyak kelapa murni pada area sekitar hidung, serta perut dan dada bayi. Sentuhan Moms juga dapat membuatnya semakin merasa nyaman, ditambah dengan pijatan yang dapat membuatnya tidur dengan nyenyak.

 

default_image_diffuserimage.jpg_20200303162802_phpX87kw6

7. Atur Kelembaban Ruangan dengan Diffuser

Menjaga ruangan untuk tetap lembab adalah salah satu hal penting yang harus Moms perhatikan guna membantu si kecil melawan flu dan batuk. Ruangan yang lembab juga dapat membantu mengalirkan lendir pembuat hidung tersumbat. Moms bisa menggunakan diffuser dan teteskan Bonnels: Cough and Flu ke dalamnya. Selain untuk menjaga kelembaban udara dalam ruangan, uap dari diffuser yang sudah diteteskan Bonnels: Cough and Flu dapat menjaga kualitas udara yang ada di ruangan tersebut menjadi lebih baik. Jika uapnya terhirup sampai ke dalam paru-paru oleh bayi dan juga Moms, akan membantu membersihkan bakteri-bakteri yang ada di dalam paru-paru serta darah. Sehingga, hidung bayi yang tersumbat bisa semakin berkurang dan bayi dapat tidur dengan nyenyak. Moms juga dapat meneteskan Bonnels: Cough and Flu di sekitar baju yang si kecil gunakan, guna untuk membantu si kecil dapat bernapas ketika sedang tidak berada di dalam ruangan.

default_image_cfwebsitee.jpg_20200303162619_php0OssiG


Konsultasi Gratis, Moms bisa "Klik Disini"

So, terus perlengkapi si kecil dengan perlindungan yang sehat dan alami ya, Moms!

Source:

 

 

Bagikan artikel ini :

Comments (0)

Berikan Komentar Anda

Gabung di Komunitas Bonnels Sekarang!