7 Tips Membersihkan Telinga Si Kecil dengan Aman

June 14, 2019 - Category:

Pada umumnya, telinga menghasilkan serumen atau kotoran telinga sepanjang waktu. Baik pada bayi maupun orang dewasa. Sayangnya kebanyakan orang terbiasa membersihkan kotoran telinga dengan cara yang salah, sedangkan cara membersihkan kotoran telinga yang kurang tepat justru akan mendorong kotoran telinga menjadi menumpuk semakin dalam. Kotoran bayi sendiri, bisa bertekstur kering atau lembek. Kotoran telinga yang jarang dibersihkan akan menumpuk dan berisiko membuat saluran dengar bayi menjadi terganggu.

Namun tenang saja Moms, karena ternyata kotoran telinga yang berlebihan terbilang jarang dimiliki oleh bayi. Meski penting, membersihkan telinga bayi harus dilakukan dengan hati-hati lho.

Sebab, jika tidak dilakukan dengan teknik yang benar, ada banyak kemungkian komplikasi yang bisa terjadi dan berujung pada masalah serius seperti infeksi di saat Moms membersihkan telinga bayi. Apalagi jika Moms membersihkan telinga Si Kecil, saat bayi sedang menangis, karena bisa mengakibatkan rusaknya gendang telinga maupun rusaknya pendengaran.

Untuk itu, Bonnels telah merangkum 7 tips membersihkan telinga bayi dengan aman. Yuk kita simak!

 

1. Siapkan Semua Perlengkapan

 

 

Sebelum Moms membersihkan telinga Si Kecil, ada baiknya untuk mempersiapkan terlebih dahulu peralatan maupun perlengkapan yang dibutuhkan. Seperti kapas bulat, kain, air hangat. Pastikan kainnya terbuat dari bahan katun yang lembut dan aman untuk kult bayi yang sensitif ya Moms.

 

2. Bersihkan Telinga Si Kecil di Waktu Mandi

 

 

Membersihkan telinga bayi di saat mandi merupakan waktu yang paling tepat, karena di waktu ini telinga bayi sedang dalam kondisi basah, sehingga menjadi lebih mudah untuk dibersihkan. Nah, Moms bisa menggunakan kain yang telah dibasahi, untuk membersihkan telinga bagian luar Si Kecil,

 

3. Gunakan Air Hangat

 

 

Setelah memandikan Si Kecil, Moms bisa menyeka telinganya dengan kain hangat. Lakukan hal ini secara rutin untuk memastikan kebersihan telinga Si Kecil.

 

4. Hindari Penggunaan Cotton Bud

 

Tips membersihkan telinga

Hindari penggunaan cutton bud secara langsung ke dalam telinga bayi, terlebih mendorongnya ke dalam lubang bagian dalam telinga. Pasalnya cara ini dapat merusak gendang telinga Si Kecil dan menimbulkan beragam komplikasi di kemudian hari.

 

5.  Bersihkan Telinga Bayi dengan Menggunakan Baby Oil

 

Tips membersihkan telinga

 

Seperti namanya, baby oil diformulasikan secara khusus untuk kulit bayi yang sensitif, sehingga aman untuk digunakan. Tidak hanya untuk membersihkan telinga, Moms juga bisa membersihkan sela-sela lipatan tubuh bayi. Cukup teteskan pada kapas dan usap dengan lembut pada permukaan kulit bayi yang akan dibersihkan.

 

6. Gunakan Obat Tetes Telinga

 

Tips membersihkan telinga

 

Salah satu alternatif lain untuk membersihkan telinga Si Kecil adalah dengan memberinya obat tetes telinga. Cukup teteskan ke dalam telinga Si Kecil, biasanya obat ini akan bekerja sendiri mengeluarkan kotoran dari dalam telinga.

 

7. Gunakan Essential Oils agar Bayi Lebih Tenang

 

7 tips membersihkan telinga

 

Biasanya bayi akan menjadi rewel saat telinganya akan dibersihkan. Bahkan kebanyakan bayi akan menangis dan meronta-ronta. Hal ini tentu akan semakin mempersult pekerjaan Moms, karena salah gerakan bisa membuat telinga bayi menjadi cedera atau terluka.

Sebagai solusinya, Moms bisa menggunakan Essential Oils dari Bonnels, dan memilihin varian Deep Sleep. Dijamin, Si Kecil akan menjadi lebih tenang dan tertidur. Moms pun menjadi lebih mudah membersihkan telinga Si Kecil.

 

Itu dia Moms, 7 tips membersihkan telinga bayi dengan aman yang bisa Moms coba di rumah. Selamat mencoba!