4 Bahan Alami untuk Menghindari Gigitan Nyamuk

December 21, 2018 - Category: Bonnels Parenting Tips

Tidak hanya membuat kulit menjadi gatal dan kemerahan, gigitan nyamuk juga dapat menimbulkan penyakit berbahaya. Namun sayangnya, kebanyakan obat nyamuk semprot yang dijual bebas di pasaran justru mengandung bahan kimia yang tak kalah berbahaya bagi tubuh manusia jika dihirup secara berkala. 

Salah satu cara yang sering digunakan dalam menghindari gigitan nyamuk adalah dengan cara menggunakan lotion atau gel anti nyamuk. Lotion khusus anti nyamuk bekerja untuk ‘menyamarkan’ aroma karbon dioksida dan tubuh manusia dari nyamuk. Karena nyamuk sangat menyukai aroma karbon dioksida dari tubuh manusia.

Ada beberapa bahan alami yang bisa membuat nyamuk tidak mau ‘mendekati’ dan menghisap darah kita beberapa di antaranya adalah:

1. Essential Oil Lemon dan Eucalyptus

 

 

Kombinasi antara lemon dan eucalyptus telah digunakan sebagai penolak nyamuk alami sejak tahun 1940-an. Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat pun telah menyetujui minyak eucalyptus sebagai penolak nyamuk yang efektif. Sebuah studi menunjukkan bahwa kombinasi antara lemon dan eucalyptus memberikan proteksi terhadap gigitan nyamuk hingga 95 persen selama tiga jam. Anda bisa membuat minyak lemon eucalyptus sendiri dengan mencampurkan minyak lemon, minyak eucalyptus dan minyak biji bunga matahari. 

2. Bunga Lavender

 

 

Bunga lavender memiliki aroma yang bisa menghalau nyamuk. Tuangkan beberapa tetes minyak lavender pada kain bersih dan halus, lalu gosokkan kain tersebut ke kulit. Selain mencegah gigitan nyamuk, minyak lavender juga menenangkan kulit karena memiliki sifat analgesik (menghilangkan nyeri) dan antiseptik.

 

 

3. Kayu Manis

 

 

Menurut studi yang dilakukan di Taiwan, essential oils yang diekstrak dari kayu manis memiliki khasiat yang sangat ampuh dalam membunuh telur nyamuk sekaligus berfungsi sebagai penolak nyamuk. Namun Anda perlu berhati-hati menggunakannya karena jika diusapkan terlalu banyak, minyak esensial dari kayu manis berpotensi menimbulkan iritasi. Campurkan sekitar 24 tetes minyak essential dari kayu manis dengan Virgin Coconut Oil, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Kocok-kocok sebelum digunakan, dan Anda bisa menyemprotkannya langsung ke kulit, pakaian, sprai atau permukaan tempat tidur. 

4. Serai

 

 

Essential oil serai merupakan salah satu bahan yang cukup populer sebagai penolak nyamuk karena aromanya yang mirip lemon dan eucalyptus yang cukup kuat. Anda bisa memakai minyak serai sebagai olesan di kulit, atau menaruhnya di wadah khusus sebagai penyegar ruangan alami.

Perlu diingat, meskipun sebagian besar bahan berasal dari tumbuhan alami, namun minyak esensial bisa menimbulkan efek iritasi jika digunakan dalam jumlah terlalu banyak karena kandungan konsentratnya yang tinggi. Oleh sebab itu sebaiknya tidak menggunakan essential oils dengan mengoleskannya secara langsung pada kult, Anda bisa mencampurkan essential oils dengan minyak pendamping seperti VCO, atau Olive oil, atau cukup teteskan 3-5 tetes essential oils ke dalam diffuser yang telah diisi dengan airSelain itu, pastikan Anda membeli produk terpercaya yang sudah terjamin lolos uji mikrobiologi dan keefektifannya dalam melawan nyamuk seperti produk-produk essential oils dari Bonnels

Bagikan Artikel