Susah Tidur Setelah Minum Kopi? Ini Solusinya

December 21, 2018 - Category: Bonnels Parenting Fact

Hal yang sering dikeluhkan saat terlalu banyak meminum kopi adalah susah tidur, padahal esok hari harus bangun pagi untuk masuk kerja. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menetralkan efek kafein sehingga lebih cepat tertidur.
Berikut cara – cara sederhana yang dapat anda lakukan agar bisa tertidur.

1. Minum segelas susu hangat
Meminum segelas susu hangat dapat membantu anda untuk tidur, karena mengandung tripotin, sejenis protein yang akan diubah ke dalam tubuh menjadi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon ini sangat di butuhkan untuk menghindari rasa kantuk sebelum seseorang bisa jatuh tertidur.
Tambahan untuk menemani susu hangat adalah sepotong roti, karena kandungan karbohidrat dapat merangsang insulin yang bisa meningkatkan efek triptofan. Pilih roti yang tidak terlalu manis, karena lebih berisiko memicu kegemukan.

2. Ciptakan suasana yang tenang
Di dalam pengaruh kafein, tubuh membutuhkan usaha lebih keras untuk bisa tertidur. Agar lebih memudahkan tidur, sebaiknya jangan sampai ada benda – benda yang dapat mengalihkan perhatian anda seperti TV, komputer, ponsel serta video game di kamar tidur.
Walaupun benda – benda tersebut sudah disingkirkan tetap saja ada beberapa suara berisik yang memang sulit dihindari seperti bunyi kulkas atau suara kucing yang sedang berkelahi. Suara yang menenangkan atau bisa dinetralkan dengan CD atau kaset berisi bunyi – bunyian yang menenangkan atau sering disebut ‘white noise’ seperti suara ombak dipantai atau hembusan angin menerpa pohon pinus di pengunungan.

3. Lakukan relaksasi mental secara aktif
Jika kedua hal tersebut cobalah melakukan relaksasi secara aktif. Salah satunya memalingkan pandangan mata dari jam dinding atau sejenisnya yang akan mengingatkan bahwa malam semakin larut karena dampaknya justru akan membuat anda semakin gelisah.
Dengan duduk senyaman mungkin sambil membaca majalah yang isinya artikel- artikel ringan dan menghibur. Bisa juga langsung berbaring diranjang, menutup mata lalu berkonsentrasi penuh membayangkan obyek yang menenangkan seperti suasana air terjun di pegunungan.

4. Lakukan gerakan – gerakan ringan
Cara ke-empat yang bisa anda lakukan yaitu olahraga secara teratur bisa mengatasi gangguan susah tidur. Namun dalam kondisi darurat ketika ingin tidur, olahraga ringan yang dilakukan sekali waktu juga bisa membantu menetralkan efek kafein akibat kebanyakan minum kopi.

Berikut olahraga yang bisa anda lakukan seperti gerakan push up atau jumpinng jacks (meloncat- loncat sambil melakukan gerakan buka- tutup dengan kaki dan tangan). Jangan berlebihan, karena tubuh akan mengeluarkan banyak keringat yang akan terasa tidak nyaman dan akan sulit tidur.