Ketahui Ada 9 Penyebab Insomnia yang Dapat Mengganggu Tidurmu

December 21, 2018 - Category: Bonnels Parenting Fact, Bonnels Pregnancy Tips

Jika anda mengalami sering sulit untuk mengawali tidur atau kerap terbangun dimalam hari dan tidak dapat tertidur kembali. Mungkin anda mengalami insomnia.

Orang dewasa biasanya membutuhkan waktu tidur 7 hingga 8 jam per hari. Kekurangan waktu tidur atau insomnia bisa menjadikan anda merasa lelah di keesokan harinya. Efek lanjutan seperti gangguan suasana hati dan peforma kerja yang buruk juga bisa terjadi.

Penyebab Insomnia
penyebab umun bisa terjadinya karena tekanan ataupun terganggunya sistem sirkadian tubuh, berikut penjelasannya:

1. Kebiasaan menjelang tidur
Kebiasaan seperti tidak memilliki jadwal tidur yang jelas, tidur siang yang terlalu lama, dan beraktifitas fisik berat sebelum tidur dapat menyebabkan insomnia.
Kebiasaan sering mengunakan tempat tidur sebagai tempat bekerja, makan ataupun menonton serta menatap layar elektronik, seperti smarthphone atau komputer tepat sebelum tidur dapat meningkatkan risiko mengalami insomnia.

2. Stres
Perasaan tertekan akibat masalah pekerjaan, sekolah, kesehatan , keuangan, ataupun keluarga bisa memicu terjadinya insomnia. jika anda terus menerus memikirkan masalah tersebut berakibat anda sulit tertidur.
Trauma juga bisa menjadi salah satu faktor stres seperti meningalnya orang yang dicintai , penceraian, atau kehilangan pekerja . kondisi sepertti itu bisa memicu masalah lain seperti depresi.

3. Santap besar di malam hari
Memakan cemilan ringan saat malam hari tidak masalah. Namun memakan makanan berat akan membuat anda tidak akan nyaman. kondisi seperti ini berdampak pada lambung yang membuat anda sulit tertidur.

4. Faktor lingkungan
Jika lingkungan anda tidak nyaman dapat menyebabkan insomnia, seperti kondisi dimana ruangan terlalu berisik, panas, dingin lalu tempat tidur yang tidak nyaman juga menyebabkan ketidaknyamannan.

5. Gangguan kejiwaan
Seseorang yang mengalami gangguan, kecemasaan, PTSD (Post Traumatic Stress Disorder), gangguan bipolar, skizofenia, gangguan psikotik, ataupun depresi bisa menyebabkan insomnia.

6. Kondisi medis
Beberapa penyakit memiliki efek insomnia. Seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, asam lambung naik, hipertiroidisme, serta penyakit parkinson dan alzheimer.
Beberapa kondisi lain seperti mengorok, kebiasaan berjalan saat tidur (Somnambulisme), bermimpi buruk, perubahan hormon seperti saat hamil dan menstruasi ataupun sedang sakit juga dapat membuat anda mengalami insomnia. Insomnia bisa terjadi dalam jangka waktu sementara atau berkepanjangan Kondisi seperti ini mempengaruhi kualitas hidup anda. Maka dari itu, mengenal penyebabnya dan mengatasinya sedari awal akan membuat hidup kembali tentram dan tidur menjadi nyenyak.

7. Obat – obatan tertentu
Ada beberapa obat – obatan yang dapat mempengaruhi siklus tidur seseorang.

  • Obat antidepresan, obat asma, obat tekanan darah.
  • Produk penurun berat badan atau produk yang mengandung stimulan.
  • obat- obatan terlarang seperti kokain dan pil ekstasi.
  • obat bebas seperi obat pereda nyeri, obat alergi,obat pilek.

8. Terganggunya irama sirkadian tubuh
Ritme sirkadian berfungsi jam biologis yang mengatur siklus bangun dan tidur, metabolisme, serta temperatur tubuh. Terganggunya irama sirkadian tubuh dapat menyebabkan insomnia.
Salah satu contoh terganggunya irama sirkadian adalah jet lag. Kondisi ini terjadi dikarenakan perbedaan tempat, zona waktu yang berbeda atau jam kerja yang berubah- ubah.

9. Kafein, Nikotin, dan Alkohol
Kafein mengandung zat stimulan yang membuat pengkonsumsi akan sulit menyebabkan sulit terlelap. beberapa minuman yang mengandung kafein yaitu kopi, cola dan teh.
Nikotin juga memilki zat stimulan, dan alkohol dapat merusak kualitas tidur karena bisa membangunkanmu di tengah malam meski pada awalnya membuat anda mudah jatuh tertidur.
Penyebab insomnia yang sangat beragam, maka dari itu anda sebaiknya memperhatikan gaya hidup mulai dari sekarang.