Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Cepat

January 7, 2019 - Category: Bonnels Parenting Fact, Cough & Flu

Flu atau batuk bisa juga ditandai dengan sakit tenggorokan sampai radang amandel yang mengkhawatirkan. Sakit tenggorokan yang bertambah parah bisa menjadi indikasi penyakit berbahaya. Lalu bagaimana cara mengobati sakit tenggorokan? berikut penjelasannya.

 

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan yang Aman dan Alami

Sakit tenggorokan biasanya akan memberikan rasa gatal, serak dan sulit menelan makanan. Jika indikasi sakit tenggorokan yang dialami bukan pertanda penyakit radang tenggorokan atau amandel berbahaya, Moms bisa mengobati rasa sakit ini di rumah saja. Coba praktikkan beberapa cara mengobati sakit tenggorokan secara aman dan alami berikut ini.

  1. Berkumur menggunakan air garam

Cara pertama untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami yang bisa Moms lakukan paling mudah adalah berkumur menggunakan air garam. Air garam ini efektif meredakan nyeri dan rasa panas di sekitar tenggorokan. Kandungan garam juga ampuh mencairkan lendir, membunuh kuman bakteri, mengurangi bengkak dan meringankan ketidaknyamanan saat makan atau minum.

Cukup mencampurkan satu sendok teh garam saja dengan setengah gelas air hangat, aduk hingga garam terlarut. Kumur beberapa kali selama sekian detik agar kandungan air garam bisa bereaksi sepenuhnya. Kalau terasa asin, Moms bisa mencampurkan dengan sedikit madu.

  1. Mengkonsumsi permen pelega tenggorokan

Memang terdengar remeh tetapi permen pelega tenggorokan bisa meningkatkan produksi air liur serta membuat tenggorokan tetap basah. Setidaknya Moms bisa merasakan tenggorokan lebih lega untuk sementara waktu. Ekstrak menthol dan peppermint bisa menjadi antiperadangan, antibakteri atau antivirus yang bisa mencegah rasa sakit tenggorokan kian parah.

  1. Memenuhi cairan tubuh dengan baik

Untuk mengobati sakit tenggorokan yang alami tanpa menggunakan produk kimia salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Asupan cairan tubuh terpenuhi maka bisa mencegah sakit tenggorokan berkembang menjadi penyakit lebih parah seperti flu atau batuk. Cairan dalam tubuh ini berfungsi membuat tenggorokan tetap dalam kondisi lembab dan mampu melawan iritasi disebabkan oleh bakteri atau kuman.

  1. Mandi air hangat

Coba ganti air dingin dengan air hangat untuk mandi selama Moms mengalami sakit tenggorokan. Jika ada anggota keluarga yang memiliki masalah sama, Moms bisa menerapkan hal ini guna meringankan pembengkakan. Selain itu, mandi air hangat atau menghirup udara yang lembab bisa mengatasi hidung mampet.

  1. Istirahat dan menjaga pola hidup sehat

Cara mengatasi sakit tenggorokan yang paling ampuh adalah beristirahat dengan baik guna melawan infeksi. Istirahat yang cukup akan membantu meningkatkan sistem imun tubuh.  Jika ada anggota keluarga yang merokok, sebaiknya hindari asap rokok berlebihan. Saat berada tahap awal sakit tenggorokan, Moms juga harus menghindari makanan pedas dan berminyak.

Selain 5 cara mengobati sakit tenggorokan di atas, Moms mungkin bisa pula memilih ramuan tradisional yang ampuh menyembuhkan rasa sakit tenggorokan. Air perasan lemon, air kunyit, campuran cuka dan garam  dan kayu manis dicampur madu efektif meredakan rasa sakit tenggorokan. Jika dalam kurun waktu tertentu, rasa sakit tenggorokan tidak berkurang, sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter terpercaya.

subsidi-ongkir-bonnels