Bayi Susah Tidur, Coba 10 Langkah Ini Moms

January 8, 2019 - Category: Bonnels Parenting Tips, Deep Sleep

Pola tidur bayi, apalagi yang masih berusia 0-12 bulan memang tidak sama antara satu dan lainnya. Bahkan, beberapa bayi susah tidur meski sang ibu sudah menggendongnya. Lalu bagaimana sih solusi menangani bayi yang susah tidur?

 

10 Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur

Tak perlu khawatir si kecil kurang tidur, ya! Moms bisa mencoba mempraktikkan 10 langkah sederhana berikut agar bayi susah tidur bisa terlelap pulas.

  1. Tidak melakukan kontak mata selama si bayi ditidurkan

Ikatan batin antara ibu dan anak bisa terlihat dari tatapan mata saja. Namun, cara ini tidak disarankan kalau Mom ingin si kecil cepat terlelap. Kontak mata akan membuat anak tidak mengantuk dan mengembangkan daya visual dari mata ke otak mereka lho!

  1. Mengelap tubuh bayi

Bisa jadi penyebab bayi susah tidur adalah hawa panas atau keringat yang keluar dari tubuh. Kondisi ini tentu membuat si kecil merasa kurang nyaman sehingga Anda bisa mengelap tubuh si bayi sebelum menidurkannya.

  1. Memberikan ASI

Penyebab bayi belum tertidur bisa karena lapar sehingga Mom bisa memberikan ASI untuk mempermudah si kecil mengantuk dan tertidur.

  1. Ikut tidur di samping bayi

Langkah menidurkan bayi ini telah terbukti ampuh yaitu ikut tidur di samping bayi. Fakta membuktikkan bahwa bayi bisa tidur lebih pulas jika didampingi sang ibu sebab bisa memberikan rasa aman, nyaman dan tidak terlalu cemas.

  1. Memasang humidifier

Humidifier atau pelembab udara di ruangan si kecil bisa Mom berikan demi mendukung lingkungan yang nyaman. Bisa jadi si kecil mengalami susah tidur karena pengaruh cuaca sekitar kamar. Humidifier akan membuat ruangan memiliki udara yang sejuk dan nyaman.

  1. Menepuk pantat si bayi

Menggendong si kecil sembari menepuk pantatnya secara pelan merupakan langkah efektif memberikan rasa tenang pada bayi susah tidur. Tetapi, sebaiknya Mom memperhatikan apakah si kecil menyukai cara ini atau tidak.

  1. Mengganti pakaian si kecil

Coba periksa popok si kecil jika dia mengalami susah tidur dan rewel! Bisa jadi pakaian yang kurang nyaman membuat si kecil tidak bisa terlelap lebih lama.

  1. Membuat cahaya di ruangan redup

Kamar si kecil yang memiliki cahaya terlalu terang tentu akan mengganggu kualitas tidur mereka. Cara terbaik menidurkan bayi susah tidur adalah membuat cahaya di kamar lebih redup. Selain itu, mengatur cahaya lampu di kamar akan membantu si kecil mengenali antara siang dan malam.

  1. Mendongeng atau memutar musik slow

Setiap bayi memiliki cara tersendiri untuk mudah terlelap. Mom bisa mencoba mendongeng atau memutar musik slow menjelang jam tidur si kecil. Bayi susah tidur bisa saja dikarenakan belum bisa beradaptasi dengan lingkungan terlalu diam yang berbeda dengan kondisi di rahim.

  1. Menidurkan bayi tepat waktu

Semua hal yang Mom lakukan agar si kecil bisa cepat tertidur tidak akan berhasil kalau pola tidur sang bayi tidak teratur. Seiring perkembangan usia, bayi memiliki waktu tidur yang berlaku dalam hitungan waktu. Sebaiknya Mom mengenali jam tidur mereka agar bisa menidurkan bayi susah tidur lebih cepat dan pulas.

10 langkah sederhana di atas mungkin harus Mom praktikkan kalau memiliki buah hati yang susah tidur. Kenali penyebab bayi mengalami susah tidur terlebih dahulu agar bisa memberikan solusi yang mendukung kenyamanan tidur mereka. Yuk, ciptakan lingkungan yang kondusif agar si kecil bisa beristirahat dengan baik!