Bahaya Menggunakan Obat Nyamuk Bagi Kesehatan

December 21, 2018 - Category: Bonnels Parenting Fact

Banyaknya nyamuk memang sangat menggagu, terkadang sampai membuat emosi dengan banyaknya nyamuk ini. Dengan menggunakan obat nyamuk bisa sangat membantu untuk membasmi segala macam nyamuk.

Di jaman sekarang ini sudah semakin banyak jenis-jenis obat nyamuk yang ditawarkan ada yang semprot, bakar, ataupun lotion. Namun, dibalik keampuhannya itu tetap saja berisiko jika penggunaanya berlebihan. Berikut adalah beberapa bahaya obat nyamuk bagi kesehatan.

1. Bahaya Bagi Pengidap Asma
Penggunaan obat nyamuk ini tidak disarankan bagi pengidap asma. Karena kandungan Phyrethrum biasa digunakan pada insektisida serangga. Kandungan zat ini pada obat nyamuk dapat membuat serangan asma menjadi kambuh. Selain itu, dosis tinggi Phyrethrum dapat menyebabkan sistem saraf rusak dan menurunnya kekebalan tubuh.

2. Bahaya untuk Ibu Hamil
Penggunaan obat nyamuk sangat tidak disarankan bagi ibu yang sedang mengandung. Apapun jenis obat nyamuknya baik itu semprot, bakar, maupun lotion tidak ada yang disarankan disini. Jika seorang ibu hamil terus-terusan menghisap asap dan aroma dari obat nyamuk bakar maka akan membahayakan kesehatan ibu yang sedang hamil serta janin yang sedang di dalam kandungan seperti, kurang gizi, kelahiran yang cacat, jantung yang lemah, kelahiran prematur, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk menghindari dari nyamuk, dapat menggunakan kelambu atau penggunaan kassa anti nyamuk pada setiap ventilasi rumah.

3. Gangguan Kesehatan Paru – Paru
Asap dari obat nyamuk bakar akan menghasilkan polusi yang lebih berbahaya dibanding asap kendaraan. Ini terbukti dari penelitian yang mengatakan kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh obat nyamuk setara dengan kerusakan yang diakibatkan oleh 100 batang rokok. Maka dari itu sebaiknya jika menyalakan obat nyamuk, jangan lupa untuk memberikan ventilasi yang cukup sehingga tetap ada aliran udara yang bagus.

4. Bahaya untuk Bayi
Struktur tubuh bayi masih sangat rapuh, sehingga akan cukup sulit untuk menyesuaikan dengan lingkungan baru, terutama bagian pernafasannya. Jika system pernafasan bayi sudah terkontaminasi dengan obat nyamuk bisa berakibat pada gangguan pernafasan, iritasi mata, dan memunculkan reaksi alergi.

5. Iritasi pada Kulit
Penggunaan obat nyamuk semprot dan lotion yang berlebihan bisa menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh. Karena obat nyamuk semprot memiliki kandungan yang bersifat korosif. Jika berlebihan bisa mengakibatkan iritasi pada kulit, bahkan jika kulit tampak terbakar bisa menimbulkan luka permanen pada kulit.

6. Dapat Memicu Kanker
Asap obat nyamuk memang dapat membahayakan untuk kesehatan, apalagi jika berada di ruangan tertutup. Jika kamu terlalu sering menggunakan obat nyamuk, efek samping yang paling ditakutkan terjadi adalah menjadi pemicu kanker. Hal ini disebabkan oleh kandungan dichlorovynil dimetyl phosfat yang ada dalam obat nyamuk. Hal ini dapat menimbulan kerusakan serius pada sistem saraf, pernapasan, dan memicu kanker jika secara terus menerus terpapar dalam jangka waktu yang lama.

7. Menyebabkan sinusitis
Kandungan obat nyamuk yang lain adalah formaldehida, suatu zat yang tidak berwarna, mudah terbakar dan juga baunya sangat kuat. Bau zat ini ternyata lebih kuat dibandingkan dengan bau gas. Zat ini seringkali mengakibatkan masalah di hidung dan organ yang lainnya. Suatu penelitian menyatakan bahwa Formaldehida yang dibakar yang juga terkandung dalam obat nyamuk akan sama dengan merokok sebanyak 51 batang rokok yang dibakar. Oleh karena itu, jika kamu terlalu sering menggunakan obat nyamuk maka kandungan ini akan meracuni tubuhmu yang berakibat pada sinusitis hingga kanker sinus.

subsidi-ongkir-bonnels