7 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

January 9, 2019 - Category: Bonnels Parenting Tips, Happy Tummy

Untuk mengatasi anak susah makan memang bukan hal yang mudah. Seperti Moms ketahui, MPASI bisa mulai diberikan pada bayi usia 6 bulan keatas guna menunjang pertumbuhan si kecil. Sangat sering terjadi bayi mengalami susah makan dan tidak mau minum ASI sehingga membuat banyak orangtua merasa khawatir. Tak hanya terjadi pada bayi saja, anak-anak juga cenderung mengalami susah makan karena berbagai penyebab misalnya alergi, tidak suka makanan tertentu atau bahkan infeksi penyakit seperti sariawan atau nyeri telan.

 

7 Cara mengatasi anak susah makan

Jika pertumbuhan si kecil tak kunjung menunjukkan perbaikan, sebaiknya tahu cara mengatasi anak susah makan berikut ini:

1. Membiasakan waktu makan secara teratur

Sebagai orangtua, Mom wajib membiasakan si kecil memiliki jadwal makan secara teratur misalnya sekali tiga kali ditambah konsumsi camilan sehat. Sebaiknya batasi waktu makan agar si kecil terbiasa disiplin dan tidak bermain-main dengan acara makan tersebut.

2. Memberikan minimal dua jenis makanan dalam porsi kecil

Memberikan banyak pilihan jenis makanan akan membuat mereka cenderung memilih salah satu jenis makanan paling disukai saja. Sebaiknya batasi jenis makanan yang disajikan serta berikan dukungan dengan peralatan makanan warna-warni atau memiliki karakter kartun favorit anak. Pastikan Mom mengetahui kadar gizi masing-masing makanan yang diberikan. Misalnya si kecil menolak minum susu, berikan yoghurt atau keju sebagai penyeimbang kebutuhan gizi mereka.

3. Biarkan si kecil belajar makan sendiri

Cara mengatasi anak susah makan adalah mengajarkan kemandirian sejak dini. Biasakan si kecil belajar makan sendiri sejak usia dini mulai 1-2 tahun. Tak hanya menu utama saja, Mom bisa membuatkan camilan sehat yang praktis.

4. Menjauhkan televisi atau gadget dari jangkauan si kecil saat makan

Anak susah makan karena terbiasa makan atau minum sembari menonton televisi dan bermain gadget. Perhatian yang teralih akan membuat si kecil malas melanjutkan kegiatan makan. Jauhkan hal-hal yang mempengaruhi mood si kecil menghabiskan makanan ya!

5. Melakukan acara makan bersama

Mom bisa membuat jadwal khusus untuk makan bersama seluruh anggota keluarga. Kebersamaan biasanya ampuh membangkitkan nafsu makan si kecil. Mom juga bisa mengajarkan si kecil untuk menyukai jenis makanan seperti buah dan sayuran yang dikonsumsi seluruh anggota keluarga. Bisa pula mengajak teman-teman sebaya si kecil makan di rumah. Bukti menjelaskan bahwa cara mengatasi anak susah makan adalah mengajak mereka makan bersama teman-temannya.

6. Mengajak si kecil memasak makanan sendiri

Cara mengatasi si kecil susah makan alami yang bisa diterapkan adalah mengajak si kecil belajar memasak. Ya, Mom bisa melibatkan si kecil dalam acara belanja, mempersiapkan bahan, memasak dan menghidangkan makanan. Cara ini biasanya akan meningkatkan selera makan si kecil untuk mengkonsumsi makanan yang dibuat sendiri.

7. Membuat penampilan makanan lebih menarik

Tidak ada salahnya membujuk si kecil membuat daftar makanan atau camilan yang diinginkan selama seminggu. Coba lihat apakah nilai gizi si kecil sudah mencukupi kebutuhan hariannya! Jika iya, Mom hanya perlu mempraktikkan kreatifitas membuat tampilan makanan yang lebih menarik. Memang butuh ketekunan untuk membuat camilan sehat yang disukai si kecil dalam bentuk warna-warni atau menyerupai karakter kartun tertentu.

Jika cara di atas tidak berhasil, Mom sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Pemberian suplemen atau makanan penambah berat badan si kecil jelas harus sesuai aturan medis yang berlaku. Selama si kecil masih menunjukkan perkembangan dan pertumbuhan yang baik, Mom tak perlu cemas berlebihan dengan perubahan nafsu makan mereka yang naik turun.

 

Bagikan Artikel