5 Tanaman Pengusir Nyamuk di Rumah

January 10, 2019 - Category: Bonnels Parenting Tips, Bugs Away

Moms semua pasti menginginkan kondisi rumah yang asri dan nyaman dihuni bersama keluarga. Tetapi, keinginan tersebut terkadang sedikit terganggu dengan kemunculan nyamuk saat musim penghujan tiba. Tak perlu cemas sebab Moms bisa memilih jenis tanaman pengusir nyamuk yang bisa ditanam di rumah. Tentu pemandangan rumah tetap bisa keren dan terhindar dari nyamuk penyebab virus penyakit demam berdarah atau malaria.

 

5 Tanaman yang Ampuh Mengusir Nyamuk

Tanaman pengusir nyamuk apa saja yang juga cocok dijadikan sebagai tanaman hias di rumah? Yuk, simak pilihan tanaman bermanfaat berikut ini!

Lavender

Siapa yang tidak tahu mengenai khasiat lavender sebagai tanaman pengusir nyamuk nomor satu di Indonesia? Aroma lavender yang wangi dan enak bisa mengusir nyamuk di dalam ruangan lho! Bunga lavender yang banyak tumbuh di Pegunungan Alpen Swiss ini memiliki kandungan linalol dan lynalyl acetate yang dibenci para nyamuk. Dijamin nyamuk bakal langsung kabur saat menghirup aroma bunga lavender ini.

Geranium

Sereh atau akar wangi memang telah terbukti ampuh mengusir nyamuk di lingkungan rumah. Tetapi, tumbuhan ini tidak cocok ditanam di dalam pot sehingga Mom mungkin menginginkan tampilan tanaman pengusir nyamuk yang eye catching. Kenapa tidak mencoba menanam Geranium atau lebih dikenal dengan sebutan Tapak Dara di Indonesia?

Ya, Geranium mengandung zat geraniol dan sitronelol yang ampuh mengusir nyamuk di rumah. Bunga ini juga cocok ditempatkan di dalam ruangan khususnya dekat jendela agar aroma mudah menyebar ke segala penjuru.

Rosemary

Aroma rosemary seperti minyak telon dan minyak kayu putih yang dibenci kaum nyamuk. Daun rosemary bisa langsung digosokkan ke kulit untuk menghindari gigitan nyamuk. Tetapi, Mom juga bisa meletakkan pot bunga rosemary di lingkungan rumah saja sebab aroma kuat yang dimiliki bakal mengusir nyamuk. Tetapi, Mom tetap harus memperhatikan perkembangan tanaman pengusir nyamuk ini agar bisa tumbuh dengan baik. Tanaman rosemary membutuhkan cahaya dan air yang cukup untuk mendukung pertumbuhan yang maksimal.

Citrosa Mosquito

Jenis tanaman yang bisa diletakkan di dalam rumah dan ampuh mengusir nyamuk adalah Citrosa Mosquito. Hanya saja tanaman pengusir nyamuk yang mengeluarkan aroma cukup kuat ini tidak mudah ditemukan di Indonesia. Meski sedikit susah menemukan tanaman asli Belanda ini tetapi penampilan ciamik Citrosa Mosquito akan membuat penampilan rumah Mom lebih kece dan cantik. Tak hanya terlihat lebih asri dan hijau, Citrosa Mosquito juga mudah dirawat dengan memberikan intensitas cahaya matahari dan air yang cukup saja.

Bunga Marigold

Bunga Marigold yang memukau tak hanya cocok sebagai tanaman hias yang bisa ditanam di pot atau polybag, tetapi ampuh mengusir keberadaaan nyamuk. Tak hanya bisa mempercantik penampilan rumah Moms semua tetapi juga melindungi keluarga dari risiko penyebaran penyakit demam berdarah. Hanya saja aroma bunga Marigold memang kurang sedap namun mengandung thiophenes yang ampuh usir nyamuk atau serangga lain seperti lalat putih, serangga labu dan lain-lain.

Masih ada banyak jenis tanaman yang tidak disukai nyamuk yang bisa ditanam di sekitar rumah Mom. Cukup datang saja ke toko tanaman untuk mencari jenis tumbuhan yang efektif mengusir nyamuk. Rekomendasi jenis tanaman lain yang bisa mengusir nyamuk antara lain mintrosa of Lady Diana, Lemon Balm, Catnip, Lidah Buaya, Bunga Krisan dan lain-lain. Tinggal disesuaikan saja jenis tanaman yang ingin Mom tanam, apakah untuk ditanam di pekarangan rumah atau ingin diletakkan di dalam ruangan.

subsidi-ongkir-bonnels