5 cara mengatasi diare pada bayi

January 11, 2019 - Category: Bonnels Parenting Tips, Happy Tummy

Diare merupakan gangguan pencernaan yang dapat menyerang bayi maupun orang dewasa. Diare pada bayi jika dibiarkan dampaknya makin parah yaitu menyebabkan kematian. Hal ini terbukti pada negara India, setiap tahunnya ada puluhan sampai ratusan bayi meninggal akibat penyakit diare akut. Cara mengatasi diare pada bayi harus diketahui Mom secepatnya, agar pertolongan pertama pada bayi bisa Mom lakukan.

Kebanyakan para Mom melakukan pengobatan diare dengan membeli obat di apotek. Tanpa Mom sadari obat yang digunakan mengandung bahan kimia, jika obat dikonsumsi oleh bayi dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan kesehatan. Mom pasti tidak ingin si kecil merasakan hal tersebut. Coba Mom menggunakan cara mengatasi diare pada bayi berikut agar diare cepat sembuh.

 

Mengatasi Diare pada Bayi Tanpa Obat Apotek

                Tahukah Mom kalau ternyata ada cara mengatasi diare pada bayi tanpa menggunakan obat apotek? Perawatan mengatasi diare ini biasanya dilakukan pada tahap awal bayi terserang diare. Mom bisa memberikan perawatan dengan cara berikut ini.

1. Memijat gusi bayi

Diare pada bayi kadang disebabkan oleh tekanan rasa sakit karena pertumbuhan gigi. Bila bayi sedang tumbuh gigi, jangan terlalu khawatir karena Mom bisa mengatasinya. Mom dapat memijat gusi bayi atau memberikan mainan dengan tekstur empuk agar dikunyah.

2. Memberikan makanan lembut

Penyakit diare menyebabkan bayi terus menerus buang air besar, sehingga asupan energi dan mineral di dalam tubuh terkuras. Mom harus segera mengembalikan energi dan mineral dengan memberikan makanan. Mom dapat memilih makanan yang teksturnya lembut agar proses pencernaannya lancar. beberapa makanan yang direkomendasikan saat bayi sedang diare yaitu bubur, pisang, apel kukus, labu kukus dan alpukat.

3. Memberikan ASI

Cara mengatasi diare pada bayi secara alami bisa dilakukan dengan memberikan ASI. Lebih baik Mom memberikan ASI secara sering agar meminimalisir terjadinya dehidrasi akibat diare. Meski si kecil menolak meminum ASI, Mom harus mencari ide agar ASI bisa dikonsumsi oleh bayi. Caranya Mom dapat mencampurkan ASI dengan makanan bayi. Bisa dicampur dengan bubur kentang dan bubur labu.

4. Memberikan Blueberry

Jika bayi sudah diperbolehkan memakan buah blueberry maka, Mom segera beli blueberry untuk menyembuhkan diare. Buah blueberry mengandung serat larut dan antioksidan yang tinggi sehingga ampuh menyembuhkan diare dengan cepat. Sebenarnya tidak hanya menyembuhkan diare aja tetapi buah blueberry mampu meningkatkan sistem imun bayi dan mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh.

5. Memberikan yogurt

Atasi diare dengan menggunakan yogurt merupakan pilihan yang tepat. Yogurt merupakan minuman menyehatkan dan menjadi probiotik bila diberikan pada balita yang terkena diare. Kandungan yogurt seperti bacteri alami lactobacillus mampu meningkatkan jumlah bakteri baik yang bertugas membunuh bakteri buruk di dalam usus. Yogurt bisa diberikan selama tiga kali sehari dengan takaran sebanyak dua sendok teh tiap kali minum.

Nah cara mengatasi diare pada buah hati sangat mudah sekali kan Mom? Bila Mom menggunakan cara di atas, diare bisa sembuh hanya dalam waktu 2 sampai 3 hari saja. Mom bisa menggunakan cara mengatasi diare pada bayi dengan bahan alami secara rutin sampai diare sembuh total. Apabila cara di atas tidak dapat menyembuhkan diare maka, Mom dapat melakukan pengobatan pemeriksaan lebih lanjut dengan bantuan tenaga medis.

 

Bagikan Artikel