Tips Kehamilan dan Asupan untuk Ibu Hamil sesuai Umur Kehamilan

October 30, 2018 - Category: Bonnels Pregnancy Tips

Tips kehamilan yang kedua Anda juga sangat dianjurkaKehamilan memang menjadi sebuah anugerah yang banyak diimpikan setiap pasangan suami istri. Setiap pasangan pasti menginginkan kelahiran bayi untuk melengkapi kehidupan keluarganya, sehingga setelah menikah umumnya pasangan akan merencanakan kehamilan.

Salah satu persiapan yang penting adalah mengenai kondisi sang ibu dan nutrisi yang diasup selama hamil. Menjadi ibu yang cerdas tentu tidak akan lupa memperhatikan setiap asupan nutrisi yang diterima selama menjalani masa kehamilan. Karena setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi dapat berdampak pada tumbuh kembang si kecil di dalam kandungan.

Sebagai ibu hamil imunitas juga sangat diperlukan, baik untuk menjaga kondisi kesehatan Anda maupun untuk menjaga perkembangan janin di dalam kandungan. Anda juga bisa melakukan beberapa hal, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena imunitas yang baik di masa kehamilan penting untuk mencegah adanya komplikasi dan gangguan kesehatan, dengan begitu janin pun akan ikut memiliki imunitas tubuh yang lebih baik.

Usahakan juga untuk menjaga emosi Anda agar tetap stabil dan positif. Gejala lain yang sering terjadi pada masa kehamilan adalah Morning Sickness. Gejala morning sickness ini sering terjadi dengan adanya perasaan mual pada perut yang berlebihan, sehingga Anda selalu ingin memuntahkan apa saja yang ada di dalam isi perut. Hindari gejala ini dengan menjaga pikiran, emosi dan makan makanan yang banyak mengandung gizi.

Berikut ini adalah beberapa tips kegiatan dan nutrisi yang cocok untuk Anda saat hamil sesuai dengan umur kehamilan agar Moms dan janin selalu sehat sampai saat tiba waktu melahirkan.

 

Tips Kehamilan pada Trisemester Pertama

 

  • Hindari makan junk food

Tips kehamilan pada trimester pertama ini hindari makan junk food, makanan olahan (instan) serta makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih. Fokuskan makanan yang mengandung protein, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu serta lemak sehat. Usahakan mengonsumsi asam folat yang bagus untuk perkembangan otak janin di trimester pertama ini, asam folat bisa didapat dari sayuran hijau, biji-bijian atau dari suplemen.

  • Latihan ringan

Tips kehamilan yang kedua Anda juga sangat dianjurkan untuk melakukan latihan ringan seperti jalan santai untuk menjaga kesehatan anda dan jabang bayi yang ada di dalam rahim. Dan agar Anda tidak bosan jika hanya didalam rumah saja, serta merenggangkan otot agar tidak tegang karna tidak baik untuk kesehatan Anda.

  • Hindari stres dengan pola makan ibu hamil

Saat Anda atau hamil, pasti Anda ingin memberikan gizi terbaik dengan makan makanan terbaik untuk janin. Namun, pada awal kehamilan hormon progesteron pada ibu hamil akan meningkat dan menyebabkan perut lebih sensitif terhadap beberapa makanan yang akan menyebabkan stress pada ibu hamil maka dari itu Anda harus terus berpikir positif agar terhindar dari stress.

  • Persiapkan pada gejala-gejala yang akan terjadi

Pada 3 bulan pertama masa kehamilan memang perut belum terlihat sangat besar, tapi ibu hamil sudah bisa merasakan kembung, sembelit, janin yang ada di dalam rahim dan payudara yang mengencang. Maka dari itu Anda harus selalu menjaga kondisi Anda untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Beritahu orang sekitar

Pada masa kehamilan Anda akan banyak mengalami gejala seperti mual-mual, sembelit dan mudah lelah. Untuk itu Anda harus memberitahu dengan orang sekitar agar mereka bisa memahami kondisi dan membantu Anda.

 

Tips Kehamilan pada Trisemester Kedua

 

  • Menjaga keseimbangan pola makan

Tips kehamilan pada trimester kedua ini penting untuk mengevaluasi pola makan ibu hamil. Ketahui apakah sudah memenuhi 60 gram protein setiap hari, sembilan atau lebih porsi biji-bijian, tujuh porsi buah-buahan dan sayuran berwarna hijau, membatasi makanan tinggi lemak, garam dan gula karena bisa berakibat buruk pada janin yang dikandung. Serta hindari mengonsumsi ikan yang mengadung kadar merkuri tinggi seperti ikan pedang, king mackerel. Tapi bisa diganti dengan udang, salmon, lele dan tuna.

  • Perhatikan posisi tidur

Posisi tidur ibu hamil tidak boleh dianggap perkara sepele. Janin yang membesar bisa membuat posisi tidur ibu menjadi serba salah. Terlebih lagi, ibu hamil juga mengalami kesulitan untuk bergerak mengubah posisi tidur. Pada masa ini, janin sudah mulai bertumbuh besar. Pada saat tidur, usahakan Anda tidur dengan posisi miring ke kiri dengan kedua kaki diganjal guling agar janin mendapat banyak suplai oksigen.

  • Hindari aktifitas berat

Tips kehamilan selanjutnya yaitu aktivitas yang berlebih adalah salah satu aktivitas yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah Anda harus sudah menghindari aktivitas yang berat-berat, khususnya jika wanita tersebut memiliki kondisi medis seperti plasenta previa karena berbahaya untuk sang janin.

  • Mandi air hangat

Air hangat dapat membantu otot-otot Anda yang sedang hamil menjadi lebih rileks. Ibu hamil juga kerap mengalami edema atau bengkak yang biasa terjadi pada kaki. Dengan mandi air hangat edema pada kaki bisa lebih baik.

  • Hindari membungkuk

Pada masa ini, Anda harus menghindari membungkukan badan. Membungkuk juga dapat memberikan tekanan pada punggung sehingga menimbulkan nyeri punggung. Jika Anda memiliki sakit punggung selama kehamilan sebaiknya kurangi membungkuk terlalu lama agar tidak menambah nyeri punggung. Jika harus mengambil sesuatu yang terjatuh, ambil dengan cara jongkok.

  • Perawatan payudara

Rawatlah payudara agar tidak terjadi peradangan. Gunakan baby oil atau krim khusus payudara untuk membersihkan puting susu dan pijit pada daerah sekitar payudara. Menjaga kebersihan payudara terutama puting susu. Kebersihan adalah hal pokok yang harus dipenuhi untuk bisa menjadikan ASI optimal diberikan kepada bayi baru lahir dan manfaat ASI akan lebih dirasakan bagi sang buah hati.

 

Tips Kehamilan pada Trisemester Ketiga

 

  • Kurangi asupan karbohidrat

Meskipun orang hamil cenderung cepat merasa lapar, tapi lebih baik ibu hamil makan 6 kali dengan porsi kecil dibandingkan 3 kali makan dengan porsi besar. Pada trimester ini kurangi asupan karbohidrat, karena bisa menambah bobot sang ibu yang nantinya mempersulit proses melahirkan. Namun, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi 8 gelas air putih dan juga 1.000 miligram kalsium setiap harinya untuk membantu pertumbuhan tulang janin yang dikandung.

  • Mengatur emosi

Antara perasaan bahagia karena tidak lama lagi akan melahirkan dan perasaan gugup dan takut akan melahirkan terutama bagi yang pertama kali hamil. Usahakan Anda jangan mengalami stres karena kondisi ini, usahakan selalu berpikir positif untuk terhindar dari stres. Aromaterapi yang berasal dari minyak lavender yang terbukti secara ilmiah mampu mengurangi frekuensi detak jantung dan tekanan darah sehingga tubuh dapat lebih rileks dan emosi Anda lebih stabil. Seperti Bonnels Essential Oil yang terbuat dari bahan alami yaitu lavender yang mampu membuat Anda lebih rileks dan stress.

 

 

  • Olahraga berenang

Melakukan olahraga berenang bagi ibu hamil, ini dapat melatih otot-otot dan menjaga kinerja jantung. Serta dapat menjaga berat badan si ibu sehingga dapat ideal. Berenang juga meredakan pembengkakan di lengan dan kaki.

Jadi Anda harus selalu perhatikan kegiatan dan asupan yang akan Anda lakukan ya, karena itu berpengaruh untuk tumbuh kembang janin yang ada didalam rahim Anda. Nikmatilah masa kehamilan dan perubahan tubuh Anda karenanya, ingat kehamilan adalah masa paling indah yang telah Tuhan berikan.