Anak Anda Mudah Sakit?? Ini 5 Penyebab Sistem Imunnya Lemah

August 28, 2018 - Category: Bonnels Parenting Tips

Mungkin anda binggung kenapa anak anda sering sakit, daya tahan tubuh anak itu bisa diibaratkan seperti “benteng pertahanan” yang penting untuk mehadang infeksi virus dan bakteri. Jadi anak akan jarang sakit,

jika memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Nah, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kekebalan tubuh anak menurun. Mau tau apa saja itu? Ini infonya!

1. Kurangnya Nutrisi
Ketika kekurangan nutrisi biasanya bisa menghambat tumbuh kembangnya anak anda, kekurangan nutrisi ini juga bisa melemahkan sistem imun tubuh yang bisa menyebabkan anak lebih gampang sakit. Mengapa begitu? Karena ketika nutrisi yang dibutuhkan itu tidak terpenuhi dengan baik, maka proses alami yang berlangsung di dalam tubuh akan mengalami perlambatan, ini termasuk proses produksi sel-sel darah putih. Padahal, sel darah putih ini adalah salah satu benteng utama pertahanan tubuh dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Jadi jika kadar sel darah putih di tubuh anak terlalu sedikit, maka daya tahan tubuhnya pasti akan menurun.

2. Kurang Aktivitas Fisik
Walaupun kadar sel darah putih dalam tubuh anak terbilang normal, bila anak jarang berolahraga maka akan tetap rentan terhadap penyakit. Kenapa begitu? Karena dengan jarangnya berolahraga bisa membuat sel-sel darah putih ini tidak mengalir dengan baik ke seluruh tubuh. Akibatnya adalah sel-sel ini tidak bisa langsung melawan virus dan bakteri yang muncul dalam tubuh anak. Maka dari itu, pertahanan tubuh anak dari ancaman penyakit yang muncul pun semakin lemah.

3. Mengkonsumsi Gula Terlalu Banyak
Anak anda pasti sangat menyukai makanan yang manis-manis, seperti ice cream, cokelat, permen dan snack manis lainnya. Yaa, hampir semua anak sudah bisa dipastikan akan menyukai makanan manis seperti itu. Namun sayangnya, tidak semua makanan manis itu menggunakan gula yang asli, banyak dari pemanis itu yang dibuat dari bakan kimia.
Pada umumnya, pemanis yang digunakan pada camilan itu menggunakan gula hasil rafinasi (gula yang sudah melewati proses pemurnian), ma dari itu kandungan vitamin dan mineral di dalamnya sudah tidak ada lagi. Gula hasil rafinasi ini biasa dikenal dengan nama sukrosa. Berdasarkan penelitian, jika mengkonsumsi sukrosa secara berlebihan dapat berimbas buruk untuk daya tahan tubuh. Karena, sukrosa itu menurunkan kemampuan sel-sel darah putih dalam memerangi virus dan bakteri penyebab penyakit.

4. Penyalahgunaan Antibiotik
Biasanya ketika anak sakit, maka dokter akan memberikan obat, dan juga disertai oleh antibiotik. Penggunaan antibiotik ini perlu diperhatikan dengan baik penggunaannya. Sebab jika tidak sesuai dengan petunjuk dokter, antibiotik bukan hanya membunuh bakteri penyebab penyakit, tetapi juga berpotensi melemahkan bakteri yang berperan memperkuat sistem imun.

5. Terlalu Sering Berada pada Lingkungan yang Terlalu Bersih
Memang baik berada pada lingkungan yang bersih dengan harapan anak bisa terhindar dari penyakit. Namun ternyata kebiasaan seperti ini justru bisa membuat sistem daya tahan tubuh anak menjadi lemah. Mengapa? Karena anak yang terus-menerus berada di lingkungan yang bersih membuat anak jarang terpapar kuman, virus dan bakteri. Hal ini bisa membuat sistem imun anak tidak terlatih, sehingga akan lemah ketika harus berhadapan dengan berbagai penyebab penyakit.

Nahh, sekarang sudah tau kan apa saja yang bisa menyebabkan kekebalan tubuh anak menjadi lemah. Jadi jangan lupa untuk mengajak anak anda beraktivitas dan memberi makanan yang bernutrisi. Untuk memperkuat sistem imun anak kita bisa memberikan Immune Booster dari Bonnels dengan menggunakan diffuser, karena Bonnels menggunakan bahan baku yang alami sehingga dipercaya bisa memperkuat kekebalan tubuh, terutama untuk anak.