8 Makanan yang Baik untuk Sistem Imun Tubuh

August 28, 2018 - Category: Bonnels Parenting Tips

Sistem imun bisa membantu anda agar tidak mudah terserang penyakit, atau kebal terhadap virus dan bakteri. Mayoritas sel kekebalan itu berada di usus anda, maka dari itu anda harus memakan makanan sehat agar tubuh anda memiliki sistem imun yang baik. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bagus untuk meningkatkan sistem imun anda.

1. Paprika
Mulai sekarang sebaiknya anda memakan paprika, karena ternyata semua jenis paprika itu memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dibandingkan jeruk. Selain itu, paprika juga merupakan sumber beta karoten yang bagus, tidak hanya menjaga kesehatan kulit dan mata, tetapi penelitian juga menyarankannya karena paprika juga dapat memberikan dorongan untuk sistem kekebalan tubuh.

2. Jeruk
Buah jeruk itu kaya akan vitamin C. Vitamin ini dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang berguna untuk melawan infeksi. Karena tubuh kita tidak memproduksi vitamin ini, maka mengkonsumsi jeruk bisa membantu menjaga dan menambah sistem imun kita. Suplemen yang mengandung vitamin C mungkin bisa membantu, namun tetap akan lebih baik jika kita menerima vitamin dari yang alami.

3. Jahe
Jahe dipercaya mengandung banyak vitamin C, bahkan jahe ini bisa mencegah pilek. Banyak juga yang mengatakan jahe juga baik dikonsumsi setelah anda sakit. Rasa jahe ini sedikit panas karena gingerol, tapi rasanya ini juga bisa memberikan efek penenang yang baik.

4. Kunyit
Anda dapat menemukan bumbu ini di beberapa jenis kari, warnanya kuning cerah, dan sedikit pahit rasanya, tapi ini sangat bagus untuk kesehatan anda. Kunyit ini dipercaya bisa meredakan peradangan sendi, dan dari penelitian terbaru juga menunjukan konsentrasi kurkumin (yang memberi warna kunyit) yang tingggi juga dapat menurunkan demam.

5. Bayam
Dengan vitamin C, beta karoten, dan sedikit antioksidan, bayam ini sayuran yang sempurna untuk sistem imun anda. Jika anda ingin mendapatkan manfaatnya secara maksimal, jangan memasaknya terlalu matang, atau bahkan biarkan dalam keadaan mentah. Tetapi jangan hanya memakan bayam saja, karena berdasarkan riset yang ada, menyarankan sayur-sayuran lainnya juga berguna untuk tubuh kita.

6. Brokoli
Seperti bayam, brokoli ini merupakan sayur yang dilengkapi dengan antioksidan dan vitamin. Dengan vitamin A, C, dan E, brokoli ini bisa menjadi salah satu sayuran paling sehat yang ada di meja anda. Sama seperti bayam, jangan masak sayur ini terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang.

7. Yogurt
Jika anda menyukai yogurt, pastikan bahwa anda mendapatkan manfaat kesehatan dari kandungan yogurt ini. Dari penelitian yang terbaru menunjukkan yogurt ini dapat memperkuat sistem kekebalan anda. Yogurt bisa menjadi sumber vitamin D, yang juga membantu meningkatkan sel imun tubuh.

8. Almond
Ketika sistem kekebalan membutuhkan dorongan, vitamin E kadang dilupakan karena orang biasanya fokus terhadap vitamin C, padahal keduanya sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Vitamin E larut dalam lemak, yang berarti lemak diperlukan agar vitamin ini dapat diserap dengan baik. Nah, anda bisa mendapatkan vitamin tersebut dari secangkir susu almond.

Jadi itulah makanan yang bisa anda konsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pastikan anda mengkonsumsi makanan yang alami. Namun selain dari makanan masih ada faktor lainnya yang harus anda lakukan agar kekebalan tubuh anda tetap terjaga. Salah satunya adalah menggunakan essential oil Immune Booster dari Bonnels yang digunakan menggunakan diffuser, ini baik karena bahan dasarnya menggunakan bahan-bahan yang alami, jadi pasti aman dan bisa memberikan hasil yang maksimal.